Dim Sum

Hari ini to-do list ku banyak banget. Ada 27 item. Menulis ini dan konten yang kutulis termasuk bagian dari to-do listku. Astaga capek banget hari minggu ini. Ngga cuma kaki yang nyut-nyutan, punggungku pun rasanya mau patah. Kepalaku pusing karena mungkin telat makan. Sekarang pun masih ada tujuh item yang belum kuselesaikan. Capek……..

Oke, sebagai obat capek, aku melakukan kegiatan meditatif dan kontemplatif, yakni memasak dan mencuci piring (iya ini ada di to-do list juga). Malam ini aku masak salah satu dari 10 panganan favoritku, dim sum. Sebetulnya ini baru kali kedua aku bikin dim sum, biasanya beli-beli aja. Tapi kali ini aku bikin dong, soalnya gampang ternyata.

Terlampir adalah resep yang kudapat dari Cookpad tapi kumodifikasi sedikit sesuai salero kito:

Penampakan si Dim Sum

100-200gr    Daging Ayam Cincang
100-200gr    Udang cincang
3-4sdm          Tepung sagu
2 butir            Telur
2sdt                Gula
1sdt                Garam
1sdt                Kaldu Ayam Bubuk
1sdt                Kecap Ikan
1sdt                Saos Tiram    
1sdt                Minyak Wijen
1 batang         Daun Bawang cincang
3 batang         Seledri cincang
2 siung           Bawang Putih cincang
1 pack             Kulit dim sum/siomay/kwotie/gyoza (jangan salah beli kulit!)
¼                     Wortel, serut

Udah, kalo udah campur aja semua, trus masukin satu-satu ke dalam kulitnya, bungkus selimuti dia dengan cinta, lalu kecup hangat dan masukkan ke dalam panci kukus yang telah dipanaskan. 

Lalu tunggu dengan kesabaran selama 20-30menit. Bentar lah, ngga selama kalian nunggu revolusi.

Setelah itu, kalau sudah kasih ke teman kamu yang lagi kelaparan. Kasihan mereka. Soalnya ini satu resep bisa jadi sekitar 30 dim sum, jadi antara kamu bisa bagi-bagi atau bisa kamu simpan di freezer untuk makan beberapa hari ke depan.

Enak, cepat dan mudah. Yang lama itu sebenernya mbungkusin-nya sih. Belum kalau kulit nempel-nempel terus robek. Sedih. Total pengerjaan kira-kira 45 menit sampai 1 jam udah plus kukus. Total biaya kira-kira ngga sampai 35 ribu. Apalagi kalau udah punya semua. Hehehe.. Sampai jumpa di Memasak Bersama Mbak Mar episode berikutnya!

                       


Comments

Popular Posts