Jakut Hidden Gem Bag. 1

Bakmi Griya

Sebagai orang yang sudah tinggal di Sunter selama kurang lebih hampir lima tahun, tentunya aku punya makanan favorit dari penjaja sekitar yang dapat kurekomendasikan. Berikut adalah Jakut Hidden Gem babak pertama dengan area Sunter, tolong kencangkan ikat pinggang kamu sekalian, aku takut kalian lapar:

1.     Bakmi Griya
Buatku mi ayam yang patut masuk surga adalah Bakmi Griya. Semua yang disajikan dalam semangkuk mi ayam ini dapat kubilang sempurna belum nemu yang bisa menandinginya. Semua orang yang kuajak kesitu pasti ketagihan. Benar-benar gawat.

Tekstur mi nya, bumbu ayamnya, bakso, pangsit rebus, sayuran dengan kematangan yang pas, juga bakso goreng – yang sangat langka itu. Semuanya sempurna. Bakmi Griya ini terletak di kantin kecil di sebelah BCA cabang Griya Utama, Sunter. Ya nyarinya Food Centrum Sunter deh, nanti puter balik aja di sebrangnya. Sebetulnya semua yang dijual di kantin kecil itu enak-enak bukan main. Ada bakmi itu sendiri, nasi tim, gado-gado, ketoprak, soto ayam, sate ayam, liang teh dan gorengan. Untuk harga mereka mematok kisaran 25ribu-30ribu satu porsi. Oiya, dia hanya buka pagi sampai siang sekitar jam 2 kalau masih ada.

2.     Bebek Madura Seberang RS Ibu dan Anak Hermina Sunter Podomoro
Nah ini rada kacau sih. Yang jual orang Madura aseli. Trus jualannya suka-suka dia aja. Pernah libur berbulan-bulan sampai kukira tutup atau pindah, ternyata ya pulang kampung aja. Bebek Madura ini suka disebut bebek oli oleh om-ku, bukan kenapa, emang bumbunya yang khas berminyak tumpah-tumpah itu warnanya hitam sekali seperti oli.

Untuk urusan rasa, kacau juga enaknya. Selain menjual daging bebeknya, mereka juga menjual uritan, ati ampela, dan kepala. Aku selalu nambah uritan dan beli dua porsi. Harganya juga nggak begitu mahal, per porsinya sekitar 15-20ribu. Tergantung mau ambil bagian yang mana. Bebek Madura ini baru buka setelah maghrib sampai malam. Biasanya ramai oleh para pekerja di sekitar. Lokasinya kaya judul ya di Seberang RS Ibu dan Anak Hermina Sunter Podomoro.

3.     Ayam Bakar Taliwang Seruni
Aku baru ini menemukan ayam Taliwang yang rasanya otentik kaya di Lombok. Nggak hanya jual ayam bakar, tapi juga plecing kangkung, juga ada beberapa menu seafood. Sambalnya juga juara banget. Tapi hati-hati, ayam bakarnya saja sudah pedas. Eh tapi ada ayam bakar yang madu juga, jangan khawatir. Disini mereka hanya menggunakan ayam kampng ya, dan belinya satu ekor ayam.

Untuk harga, dibanderol sekitar 65 ribu untuk satu ekor ayam bakar dan 20ribu untuk plecing kangkung. Lainnya bisa dicek sendiri. Lokasinya ada di deretan ruko-ruko penjual makanan di sekitar Sunter Mall. Iya emang disitu banyak banget makanan enak.

4.     Pork Knuckle - Bakut LIA
Untuk sobat haram, ini sudah banyak direkomendasikan banyak sobat haram lainnya ya. Babinya dimasak crispy di kulit, moist di daging, biasanya dilengkapi dengan sambal matah. Porsinya juga lumayan banyak untuk paket pork knuckle dan nasi dijual 50ribu. Ada juga kalau mau ngemilin pork knucklenya aja. Ini jawara deh untuk masakan dari sapi kaki pendek.  Oiya untuk lokasinya ada di Food Market Sunter.

5.     Mi Goreng TekTek The People’s Café
Buat yang mau ngadem-ngadem di Food Centrum cari makanan enak, aku rekomendasikan untuk pergi ke salah satu cafenya Ismaya Group, The People’s Café. Disitu kamu bisa pesan Mi Goreng Tektek-nya yang menurutku favorit banget. Harganya seporsi sekitar 45ribuan. Bisa nambah telur dan milih level pedasmu.

6.     Ayam Goreng Mercury
Nggak seperti namanya, ini nggak mengandung merkuri. Nama rumah makannya Mercury. Restoran Padang yang cukup legendaris. Kalau kesini wajib coba Ayam Goreng, wajib, pokoknya wajib. Dijamin minimal habis dua potong ayam. Hehe.. harga satu potong ayam gorengnya dijual 22ribu. Untuk lokasinya ada di ruko Sunter Paradise.

7.     Kepala Kakap Medan Baru
Kalau ada kepala kakap yang masuk surgi, nah itu Gulai Kepala Kakap-nya Restoran Medan Baru. Ini rumah makan Padang yang legendaris walaupun judulnya Medan Baru. Edan sih ini, rempahnya ruar biasa, menyatu dengan lembut bersama kepala kakap yang sering jadi rebutan. Kuah santannya to die for. Nggak bohong. Jujur aku nggak pernah tau harganya, selalu ditraktir orang kantor kalau kesini.

Kalau kesini jam makan siang bujubuneng ramenya. Usahakan telpon untuk reservasi dulu ya, apalagi kalau makannya berbanyak orang. Selain kepala kakap, yang wajib dicoba juga burung dara gorengnya. Lokasi dari restoran ini nggak jauh dari Bakmi Griya. Kayanya emang lokasi itu terlalu diberkati oleh dewa makanan.

Kurasa sekian dulu cuilan mkaanan surga yang kececer di Sunter. Lain kali kita sambung lagi. Kalau penasaran wujudnya boleh sambil gugling yak. Hehe..

   

Comments

Popular Posts