Jakut Hidden Gem bag. 2

Setelah menulis Sunter Hidden Gem Part I, yang sebetulnya ingin kuganti jadi Jakut Hidden Gem, karena postingan berikut membahas kuliner yahud yang ada di area Kelapa Gading, jadi biar satu tema gitu yah. Oke kita mulai saja:

1.     Claypot Popo
Jika kamu nggak mood makan, butuh kehangatan dan makanan sehat nan bergizi, kamu bisa cobain Claypot Popo. Resep turun menurun dari Popo (Nenek) yang dituangkan dalam masakan sederhana di atas Claypot. Menunya nggak banyak, fokus pada hidangan nasi atau misua yang di atasnya ada sayuran, daging sapi / ayam dan telur (bisa matang atau mentah). Atau tumisan daun-daun hijau seperti siomak, fumak, dan lainnya.

Dari segi harga menurutku makanan ini tergolong cukup murah, tidak sampai 50 ribu kamu sudah mendapatkan claypot lengkap, tumisan sayur, ekstra telur dan minuman. Oiya dia juga punya gerai di Jalan Sabang, tapi menurutku lebih enak yang di Gading.

2.     Ippeke Komachi
Buat yang suka masakan Jepang tapi bosan dengan yang itu-itu aja, nah buatku ini juaranya. Restoran lawas yang punya buanyak pelanggan tetap sejak 20 tahun lalu ini berlokasi di lantai dasar MKG 3. Semenjak mencoba makan disini untuk pertama kalinya, restoran ini langsung jadi pilihanku nomor satu untuk setiap masakan Jepang. Hampir semuanya enak, iya hampir semuanya. Termasuk untuk salah satu dessertnya yang jadi idolaku, choux a la crème.

Siap-siap untuk mengantre pada jam-jam makan siang dan makan malam. Untuk harga ya standar resto Jepang yang bener lah ya. Per orang bisa habis sekitar 100-200ribu tergantung lu orang laper apa enggak. 

3.     D’Zuka
Penyuka hidangan ikan laut – terutama yang khusus ikan aja ya, ini adalah opsi alternatif pualing ciamik. Ada dua andalannya blue marlin dan tuna dengan opsi goreng, bakar rica atau woku yang dilengkapi dengan sambal dabu-dabu. Condiment lainnya standar rumah makan Manado ada bakwan jagung dan PISANG GORENG yang juga enak banget. Tahu tempe ada juga sih.    

Tapi kalau makan disini jangan bawel ya, namanya juga rumah makan yang rumahan banget. Panas gitu pasti kalau siang-siang. Trus kalau lagi rame suka lama juga, makanya mending pesen dulu sebelum datang kesini. Hehe.. harganya cukup pricey tapi sangat worth it dengan kualitas  dan kuantitas makanan yang diberikan, untuk menu ikan antara 85,000 – 100,000 per porsi.

4.     Bakso Medan 99
Sebetulnya aku makan ini nggak sengaja sih, karena emang area sini isinya makanan enak, akan bertetangga juga dengan makanan nomor 5 dan 6 di bawah. Buatku bakso disini enak buanget, oiya ini bakso sapi ya, kuahnya bening, trus ada tetelan atau jeroannya juga. Selain jualan bakso ada juga karbo-nya, mie, kuetiau, bihun medan atau nasi.

Harganya lumayan mahal, mulai 52,500 untuk bakso campur dan jeroan. Ada bakso uratnya juga. Kuahnya seger banget dan nggak yang greasy gitu. Pas dan maknyusss.

5.     Sari Sanjaya
Nah ini letaknya di sebrang Bakso Medan 99. Populer banget di kalangan orang-orang lawas karena citarasa masakan Palembang-nya yang kuat banget. Favoritku disini adalah mie celor nya, kuah santan dan udangnya pas, porsi cukup, rasa gurih bikin nagih. Pempek-nya enak juga sih. Cuko-nya lumayan pedas.

Selain itu juga ada Tekwan, Pindang patin dan kawan-kawan. Oiya juga jual dessert khas Palembang macam kue Maksuba, Kojo, dan 8 jam yang manis legit semua. Untuk harganya juga lumayan pake banget. Pempek kecilnya dijual 10 ribuan per buah. 

6.     Seafood Wiro Sableng
Masih satu area dengan Sari Sanjaya, yang juga diberkahi dewa kuliner. Konon restoran ini jadi langganan Pak Jokowi. Dulu sebelum coba ini aku suka Seafood Pangandaran, tapi semenjak tutup (kalau nggak salah), dan mencoba Wiro Sableng, yaaa.. menurutku ini enak banget juga sih. Hahaha..

Pada jam makan siang dan makan malam siap-siap antre ya. Juga dengan asap yang mengepul dari bakaran ikan di depan restorannya. Untuk harganya standar rumah makan olahan seafood yakan, per orang antara 100-200ribu, tergantung pesen apa, beb. Karena aku suka semua olahan seafood ya aku ngga punya favorit, jadi aku suka nyobain satu-satu. Hehehe..   

7.     Tahu Campur Surabaya, Kelapa Gading WGP
Untuk yang kangen masakan Jawa Timur, mungkin makanan disini bisa sedikit mengobati. Lokasinya masih dekat dengan Claypot Popo. Tahu Campurnya idola banget. Mereka juga menjual menu populer lainnya seperti rujak cingur, tahu gunting / telor dan telor kikil. Enak semua kok.

Harganya murah aja, antara 21,000 – 25,000. Dijamin enak dan kenyang. Nggak perlu beli tiket ke Surabaya, pesen aja pake gofut.

Buat yang bosan makan ketupat dan opor hari ini, mungkin besok bisa mulai lihat-lihat di gofut apakah bisa dipesen menu-menu di atas. Hehehehehe

Comments

Popular Posts