Keajaiban Wanita


Pada tulisan ini aku mau cerita salah satu keajaiban wanita. Selain beberapa wanita mahir angkat galon, multitasking seperti masak sambil nyuci piring dan rendam pakaian, buka toples, nyetir ugal-ugalan, menstruasi setiap bulan, melahirkan, menghadapi pria brengsek dan masih bertahan, makan bakso pakai sambel semangkok dan nggak mati, jadi wanita karir sekaligus ibu dan mahasiswi, ada juga wanita yang suka waxing.

Beranjak dewasa ada satu treatment wanita yang rutin kulakukan, yaitu waxing. Yak, waxing. Mencabut rambut-rambut yang ada di tubuh dengan mengoleskan karamel panas sebelumnya. Berikut aku kan memberikan rating kesakitan pada bagian tubuh yang di-wax.

1.    Arms
Kalau di salon-salon wax, istilah arms dibagi dua, bisa jadi full arms atau sepanjang tangan di kedua tangan, atau half arms, biasanya di bagian siku ke bawah. Biasanya mbak-mbak akan mulai dari bagian punggung sepanjang tangan dulu baru sebaliknya. Untuk rating kesakitannya aku beri nilai 2 dari 5. Kagak sakit ya, biasa aja. Cuma clekit gitu aja ibarat tersengat semut. Proses ini biasanya memakan waktu 10 menit paling lama.

2.    Legs
Sama seperti arms, biasanya dibagi dua, jadi full legs atau half legs. Kalau potongan half legs biasanya adalah bagian tubuh yang sering terlihat, yakni dengkul ke bawah. Untuk metodenya sama, dengan arms, biasanya dari sisi depan atau yang terlihat, baru balik badan untuk eksekusi bagian belakangnya. Untuk rating kesakitannya aku beri nilai 3 dari 5. Entah kenapa di bagian betis emang lebih sembribit rasanya saat dicabut rambutnya. Proses ini biasanya memakan waktu 10 menit paling lama.

3.    Underarms
Yak ini ketiak ya atau kelek. Spotnya sedikit, biasanya cuma sekali atau maksimal dua kali tarik. Untuk bagian ini biasanya ada minimum pertumbuhan rambut, tidak boleh terlalu pendek karena nanti tidak bisa tercabut oleh karamel wax-nya. Lalu jika ada rambut-rambut yang terlalu pendek itu, akan dieksekusi dengan teknik threading alias cabut rambut pakai benang. Untuk waxingnya sendiri sih nilainya 2 dari 5. Kalau threadingnya bisa 3.5 dari 5. Dulu takut sendiri kalau threading. Hiihhhh. Proses ini biasanya memakan waktu 5 menit paling lama.    

4.    Brazilian
Ini adalah wax terakhir yang sering kulakukan. Berbeda dengan bikini wax, yang hanya mencabut rambut-rambut di area yang tertutup bikini, dan bisa pesen bentuk-bentuk biasanya, hehehe.. aku ga pernah coba sih kalau bikini. Nah kalau brazilian ini bener-bener dibersihin geng. Depan belakang, luar dalem hehehe.. teknik pencabutannya sama, pakai karamel panas itu, lalu diusap ke bagian rambut yang tumbuh, dan BRETTTTT.. tarik sampe botak. Kalau ini harus bener-bener pinter lihat arah tumbuhnya rambut agar lebih mudah mencabutnya. Hehe..

Trus kalau kurang bersih nanti pake threading juga, cabut pakai benang, clekat clekit gitu. Kalau ketemu mbak-mbak atau kapster yang gemesan dan perfeksionis, kadang dia suka cabut pakai pinset buat bersihin sisa-sisanya. Sakit? Iya. Total kesakitan proses Brazilian ini kuberi nilai tertinggi. 4 dari 5. Proses ini biasanya memakan waktu 20 menit paling lama. Tergantung seberapa tahan sakitnya. HAHAHA!

Untuk perawatan selesai proses waxing ini biasanya kamu dikasih tau untuk nggak boleh mandi air panas, nggak boleh pakai handbody atau deodorant selama seharian, juga nggak boleh berhubungan intim dulu selama kira-kira tiga hari (khusus untuk Brazilian ya!) kalau nanya kenapa-nya silakan cari tahu sendiri.

Di beberapa salon waxing yang pernah kucoba pun ada yang sebelumnya kita harus mengisi dan menandatangani formulir tindakan waxing dan menyetujui bahwa harus menjalani perawatan selesai waxing ini. Oiya juga mereka memastikan kamu nggak punya penyakit kulit, HIV, maupun penyakit menular seksual. 

Ya karena pada intinya proses ini kan sebetulnya menimbulkan shock pada kulit ya, jadi khawatir ada iritasi yang terjadi juga, kulit jadi lebih sensitif setelah proses waxing. Makanya butuh sedikit waktu untuk recovery.

Kalau segini ribet, kenapa aku masih suka waxing? Yaaaa…. Karena senang aja merasa lebih bersih gitu. Rambut yang tumbuh karena waxing dan cukuran juga berbeda, jadi lebih lembut setelah proses waxing, dan tumbuhnya lama banget. Bedanya bisa 1:7 hari.

Sekian ceritaku soal seni cabut-mencabut rambut ini. Semoga kalian nggak takut ya, jadi lebih kebayang aja kaya apa dan kenapa cewek-cewek suka waxing padahal sakit. Hehehe.. 





Comments

Popular Posts