Mbak Mar Memasak Steak

Penampakannya...

Buat teman-temanku yang kangen makan steak di luar rumah, tapi masih mau nyaman dengan nggak pergi kemana-kemana, atau nggak harus makan di mobil karena nggak punya mobil, dalam tulisan ini aku mau berbagi sedikit resep steak dengan saus jamur yang malam ini kubuat. Yah biar keren kita sebut dengan Steak with Creamy Mushroom Sauce, gitu ya?

Pertama, siapkan dagingnya untuk dibumbui terlebih dahulu. Sore ini aku memilih tenderloin, karena aku lagi malas ngunyah yang chewy, berlemak atau berotot. Bumbu dagingnya adalah garam, lada hitam, dan Italian herbs (isinya thyme, oregano, basil, rosemary). Balurkan ke seluruh permukaan daging. Lalu diamkan di dalam kulkas hingga kamu agak lapar (kalau aku tadi sekitar 2-3 jam).

Kedua, kita siapkan Creamy Mushroom Sauce nya. Bahan-bahannya adalah cincang empat siung bawang putih dan setengah bawang Bombay ukuran kecil, lalu potong-potong jamur Champignon (secukupnya), unsalted butter, garam, Italian Herbs, lada, cooking cream sekitar 100ml (btw aku pakai whipping cream, hehe, adanya itu), susu segar 200ml, dan sedikit larutan tepung maizena (satu sendok teh aja dikit pokoknya).

Tumis seluruh bahan hingga matang dan mengental. Koreksi rasa sampai

Sembari itu bisa menyiapkan side dish lainnya seperti salad sayuran, tadi aku pakai lettuce, selada romaine, dan tomat ceri, nah sausnya aku pakai kewpie yang Cesar. Dan menggoreng kentang siap saji. Mau bikin mashed potato tapi nggak punya kentang dan malas sih.   

Nah kalau sudah siap semua, saatnya memanggang daging!

Keluarkan daging yang sudah dibumbui dari kulkas, diamkan sebentar, jangan lama-lama, nanti bisa hidup lagi jadi sapi. Setelah itu, panaskan unsalted butter, beri dia bawang putih geprek (dua suing) dan potongan bawang Bombay. Sudah bunyi cesss… cesss…. Tambahkan butter. Lalu taruh dagingnya. Masak hingga seleramu, nggak usah lama-lama. Api-nya sedang aja ya. Kalau aku suka medium well.

Setelah selesai, istirahat di tempatkan itu daging.

Baru deh platting, katanya Netizen biar nggak dimarahin Chef Junet. Ta-da! Selesai. Dan siap dinikmati. Mudah bukan? Serius deh, rasanya bisa diadu sama saus jamur punya Sapi Suci. Malah menurutku enakan ini. HAHAHA. Selamat mencoba!

Itadakimasu!



Comments

Popular Posts