Lagu Glenn dan Episode Patah Hatiku

Salah satu senja terindah, yang kalau ingat bikin pengen nangis terus.
Diambil dari atas jembatan Arrabida. Porto, 2018.

Tahun 2020 memang suram, salah satu solois pria Indonesia yang lagu-lagunya selalu menemani dalam deretan episode jatuh cinta - patah hatiku harus berpulang ke sisi-Nya, Glenn Fredly.

Saya cukup beruntung bisa menonton penampilan langsungnya di Synchronized 2019 silam. Setiap acara kantor kami selalu berharap ada Glenn Fredly-nya. Belum, belum pernah terpenuhi. Sobat galau, berikut adalah lima lagu abang Glenn yang selalu kuputar dalam playlistku:

1.   Kasih Putih (Kembali – 2000)

Terdalam yang pernah kurasa
Hasratku hanyalah untukmu
Terukir manis dalam relungku
Jiwamu jiwaku menyatu

Aku tidak ingat jatuh cinta sama siapa waktu lagu ini keluar, usiaku 10 tahun waktu itu. Seharusnya aku baru lulus SD. Yang kuingat ini lagu romantis, yang kubayangkan selalu cocok diputer di acara pernikahan.

2.  Pada Satu Cinta (Selamat Pagi, Dunia! – 2004)

Aku kan berjanji
Takkan mengulang segala kesalahan
Aku kan mengabdi
Pada satu cinta dan itu dirimu
Jujur ku hanya seorang lelaki
Yang terkadang tak lepas dari goda

Sepertinya kalau lagu ini aku ingat pas lagi kasmaran sama gebetan (atau pacar) ku sewaktu SMA. Aku berharap doi nggak tergoda cewek-cewek yang nekat lagi pedekate sama dia, dan cuma milih aku, cuma aku. Harapanku dikabulkan. Sampai lulus SMA kami bersama.

3.  Tega (Kacau Galau – 2018)

Kau bunuh hatiku
Saatku bernafas untukmu
Kau kebanggaan aku
Yang tega menipuku

Wah kalau yang ini mengingatkan salah satu patah hati terbesarku saat aku dewasa. Aku nggak punya pacar sih waktu lagu ini dirilis. Justru itu aku masih sendiri selama kurang lebih tiga tahun. Sebetulnya udah selesai sih, tapi kok ya masih nggores tipis-tipis serasa dibuatin soundtrack yang agak telat sama Abang Glenn.

4.  Akhir Cerita Cinta (Selamat Pagi, Dunia! – 2004)

Biarkan kini ku berdiri
Melawan waktuku
Untuk melupakanmu
Walau sakit hatiku
Namun aku bertahan

Aku yakin kalau Cupid selalu ada di sebelah Glenn. Penggalan bait ini laksana mantra bagi sobat galau yang baru patah hatinya. Semacam : KOWE KUDU SETRONG, NANGES O RAPOPO TAPI KOWE TETEP KUDU SETRONG. Gitu. Sampai bersiap nanti jatuh cinta lagi.

5.  Hikayat Cintaku (Private Collection – 2008)

Kau kupuja sampai mati kupuja (engkau kupuja)
Kau sayangku
Kau anugerah dawai-dawai cintaku (dawai cintaku)
Kau dewiku
Wo o o o oooo
Kaulah hikayat, hikayat cintaku

Tetep lagu cinta, tapi lagu terakhir ini selalu bikin joget. Kolaborasinya dengan Dewi Persik emang nggak salah pilih. Vibes musik Timur-Tengah ditambah suara serak-serak banjir mbak DePe, bikin di dalam kepalaku ada belly dancer di pelataran piramida, nggak sedih, nggak ingat patah hati.     

Yang kutau Glenn Fredly sudah bikin aku jadi sad girl sejak kecil. Terima kasih, Glenn. Buat kalian yang mau dengar playlistku, silakan klik link.   

Comments

Popular Posts