Pekerjaan Domestik


Tinggal jauh dari orang tua atau sendiri sejak usia 16 tahun (waktu masuk kuliah) membuatku jadi pribadi yang yoweslah, kerjain sendiri aja kalo bisa sendiri, ngga usah ngerepotin orang, terutama pekerjaan domestik ya. Aku nggak nyebut diriku sosok yang mandiri juga sih, cuma karena Ibuku selalu menanamkan, kalau bisa masang listrik dan benerin genteng sendiri ya lebih baik.

Aku masih ngga bisa banyak hal kok, contoh kecil aja, aku belum bisa nyetir mobil dengan benar, dulu pernah, lalu karena satu dan lain hal jadi ngga pegang lagi. Kalau kondisi terpaksa banget mungkin aku bisa-bisa aja. Aku juga masih belum paham ilmu perbengkelan kendaraan kok, ngga paham apa aja yang harus diganti rutin, mana yang namanya busi, jenis aki apa yang bisa kupakai, semua masih harus nanya-nanya lagi.

Ngga usah aneh kalau ke tempatku dan perkakas nukangku lumayan lengkap. Aku lumayan suka ngerakit furniture sendiri kalau bisa. Kecuali lemari ya ini gede banget dan buru-buru makenya, Hahaha

Tapi ada hal-hal yang semenjak beberapa tahun ini hampir nggak pernah aku kerjakan sama sekali, yaitu setrika baju dan mengepel. Pembelaanku soal setrika adalah aku hanya butuh baju rapi untuk ke kantor – yaitu seragam, atau keluar rumah, yang pertama okelah aku setrika, yang kedua aku jarang keluar rumah. Jadi yaudah kalau perlu banget aja baru setrika baju.

Sedangkan pembelaanku soal ngepel adalah, dulu aku sempat rajin ngepel lantai apartemenku yang secuplik ini, TAPI, kok lama-lama malas ya, lebih suka ngelap pakai tisu basah anti-bakteri aja, cepat dan ringkas, nggak harus peras-peras kain pel. HAHAHA. TAPI semenjak aku punya kucing, dua ekor pula, aku sekarang sudah rutin ngepel lho, minimal seminggu sekali.

Untuk urusan lainnya yang biasa kukerjakan sendiri adalah mencuci baju. Duluuuu awal-awal pindah ke apartemen aku selalu pakai laundry full service, kita tahu beres, udah disetrika, tinggal pakai. Tapi aku mendapatkan beberapa kali pengalaman tidak mengenakkan seperti baju yang hilang dan tertukar. Semenjak itu kuputuskan mencuci semuanya sendiri. Awalnya aku selalu memisahkan cucian pakaian dalam, pakaian putih, dan pakaian berwarna. Rutin begitu terus. Lama-lama aku lelah. Emang ya manusia dimanja, lalu buka ini si laundry koin. Yang bisa kita cuci dan tunggu sampai kering. Nikmatnya hidup. Kulakukan seminggu sekali. Lengkap dengan mencuci sprei, handuk, selimut. Semua kucuci.

Semenjak punya kucing juga, pekerjaan domestik-ku nambah, karena rambut-rambut halus mereka bertebaran di seluruh penjuru ruang, aku jadi harus punya vacuum cleaner untuk membersihkannya. Nah ini pekerjaan yang jadi meringkas kegiatan menyapu sih, soalnya jadi lebih ringkas, kotorannya ditampung langsung.

TAPI karena aku agak pemalas tapi perfeksionis, kegiatanku setiap akhir minggu adalah mengganti seluruh sprei dan handuk, lalu lap-lap meja sedikit, menyapu, vacuum, dan diakhiri dengan mengepel lantai. Plus gosok kamar mandi dan tempat cuci piring, juga mencuci pakaian dan lain lain di laundry koin tadi.

Capek ngga sih? Ya lumayan. Tapi belum pengen bikin punya ART juga untuk saat ini. Balik lagi, ini masih bearable, bisa dikerjakan sendiri. karena aku sendiri. Pekerjaan domestik itu nggak gampang lho, tapi nggak susah juga. Capek pasti dan banget sebenernya.

Untuk aku yang tinggal sendirian semua masih bisa kutangani sendiri, kalau nanti berkeluarga jelas harus ada pembagian pekerjaan domestik, apalagi kalau punya pasangan yang kemproh kan?  

Rasa puas membersihkan rumah, walaupun nggak trus jadi bersih banget gitu juga sih perasaanku, itu ya, enak banget. Dasar ye umur, baru ganti sprei aja bahagia. Mau tidur inget washtafel kinclong aja nyaman banget.

Kaya sekarang, udah mau jam 11 malam, seneng gitu selonjoran sambil mikir kerjaan rumah beres, anak-anak (kucing) pada tidur, mata tinggal 5 Watt, tinggal nunggu redup-redup dikit kan…

Zzz…

Zzz…

Z…

Z…

Z…






Comments

Popular Posts