Dapur Si Anak Rantau

Sebagai anak rantau yang tentunya hidup di kota atau negara orang, kita dituntut untuk mandiri, pastinya. Mulai dari mencuci sendiri, menyetrika baju sendiri, membereskan kamar (nyapu, ngepel, dkk) sendiri, sampai memasak-masak sendiri (semacam lagu dangdut gitu lah ya). 

Nah, berikut saya akan berbagi soal menu andalan yang sangat mudah diterapkan bagi kalian si anak rantau yang dituntut mandiri. Kali ini adalah soal memasak. Saya memiliki top five masak-memasak yang sangat mudah dan aplikatif bagi kalian si anak rantau. Dengan hanya mengandalkan bawang-bawangan, kesejahteraan perut kalian akan terjamin. Saya tidak akan memberikan bagaimana caranya memasak mi instan, tenang saja, itu terlalu mudah. 

Oke, kita mulai saja.

1. Omelet
Siapa tidak tahu Omelet? Membuat sebuah omelet itu sangat mudah. Bahan-bahannya tidak perlu yang sulit-sulit. Siapkan saja telur 2 butir, bawang merah secukupnya, bawang putih secukupnya, daun bawang secukupnya, bawang bombay jika suka, bisa tambahkan bakso atau sosis kalau ada, dan cabe rawit sesukamu. Campurkan kesemuanya, jangan lupa tambahkan garam, secukupnya. Panaskan minyak di atas wajan, setelah itu masukkan adonan yang telah dicampur. Lebarkan, dan tunggu sampai matang, angkat. Jadi deh sarapan oke pasti kenyang.

2. Nugget 
Ini sangat mudah! Belilah nugget di minimarket atau swalayan terdekat, apapun mereknya, bisa SO GOOD, bisa Fiesta, atau apapun. Sesampainya di rumah, jangan lupa panaskan minyak di atas penggorengan, buka bungkus nugget, lalu masukkan, dan goreng sampai kecoklatan.

3. Nasi goreng
Kalau tidak sedia nasi di rumah, belilah nasi 2000 perak di burjoan. Siapkan telur, bawang merah, bawang putih, cabe rawit secukupnya, bakso, sosis, daging giling bila ada, kecap, garam. Potong-potong bawang-bawangan dan cabai, lalu tumis hingga harum, masukkan kecap, lalu nasi, campurkan kesemuanya tambah kecap, atau saus sambal kalau mau. Sekian nasi goreng telor sepesial yang terasa enak banget ketika kamu lapar. 

4. Tumis sayuran
Belilah sayuran yang kamu suka, sayuran apapun. Bisa buncis campur wortel, bisa sawi campur bawang bombay campur jamur tiram, apapun sayurnya. Dasar bumbunya semua sama: cabe rawit, bawang putih, bawang merah dan bawang bombay. AHAHAHAHA! saya suka sekali bawang-bawangan. Satu hal yang tidak boleh dilupakan saus tiram dan garam juga seiprit gula. Setelah tumis dasaran bumbu, campurkan sayurannya. dan tumis sampai cukup matang, sesuai selera.

5. Tempe dan Tahu Goreng
Ini paling favorit! Belilah tempe atau tahu, pilih yang disuka, potong-potong. Siapkan bumbunya, yakni ketumbar secukupnya, garam, bawang putih, haluskan. Beri air pada bumbu itu dan rendam tempe-tahu sekitar 30menit sampai bumbunya meresap. Setelah itu panaskan minyak di wajan. Dan goreng tempe-tahu favoritmu. TA-DA! Nikmati tempe-tahunya!



Selamat mencoba.

Margie.        

Comments

Popular Posts